Gerbang Indah Nusantara

Switch to desktop Register Login

Error
  • JFolder: :files: Path is not a folder. Path: /home/u0557789/public_html/images/Galeri/foto/456
Notice
  • There was a problem rendering your image gallery. Please make sure that the folder you are using in the Simple Image Gallery Pro plugin tags exists and contains valid image files. The plugin could not locate the folder: images/Galeri/foto/456
Rate this item
(2 votes)

Pusat Unggulan Benih Techno Park Kabupaten Bantaeng: Zonasi Tata Ruang Laut untuk Kepastian Usaha

PUSAT UNGGULAN BENIH di Indonesia Bagian Timur, Techno Park Kabupaten Bantaeng telah diluncurkan kegiatannya bersamaan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPPT dengan Pemkab. Bantaeng pada 5 Maret 2015. Menindaklanjutinya, tim BPPT melaksanakan agenda rangkaian kunjungan.

Pendalaman hal strategi pengembangan kawasan dan desain pusat serta model lembaga pengelola Techno Park Kab. Bantaeng dibahas di lingkungan Pemkab. Bantaeng. Selanjutnya tim Techno Park Kab. Bantaeng PPKDT berkunjung ke unit-unit teknis yang langsung berkaitan dengan budidaya komoditi yang disepakati bersama dalam PKS, yang pada tahun pertama fokus pada rumput laut, talas, ikan nila dan jagung, serta ke instansi terkait dengan pengembangan Techno Park di lingkungan Perguruan Tinggi, Bisnis dan Pemerintah lingkup Daerah dan Pusat.

Dari hasil rangkaian kunjungan dapat diangkat benang merah keinginan berbagai pihak yang terlibat kegiatan ini yakni agar ditetapkan Zonasi Tata Ruang Laut dengan peraturan dan kebijakan yang terkait secara komprehensif dan terintegrasi, dengan catatan turut melibatkan tokoh hukum adat setempat. Realisasi ini diperlukan untuk kepastian usaha masyarakat.

Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FKIP) Universitas Hasanuddin, Jamaluddin Jompa, menerima tim pengembangan Techno Park Kab. Bantaeng dengan antusias bersama para senior dan dosen Unhas di aula FKIP Unhas. Dalam acara diskusi, tim Techno Park Kab. Bantaeng diwakili Wisman Indra Angkasa memaparkan rencana kegiatan pusat benih. Sebagai informasi, FKIP Unhas saat ini memiliki Tim Pengembangan, bersama Kementerian Kemaritiman membuat konsep Techno Park Kemaritiman. Oleh karena itu Dekan antusias untuk mendengarkan penjelasan tentang Techno Park yang ditugaskan pihak pemerintah kepada BPPT.

Dalam kunjungan ke Bappeda Prov. Sulawesi Selatan, tim Techno Park diterima Kasub Bidang Prasarana Wilayah. Dikatakan bahwa saat sedang dalam proses revisi RTRW Provinsi, dan istilah Techno Park akan dimasukkan kedalamnya, terutama untuk Kabupaten Bantaeng. Rofaidah mengatakan belum mengetahui kegiatan Techno Park Bantaeng. Untuk kegiatan selanjutnya, pihak BPPT agar melibatkan Bappeda Prov. Sulsel.

Dalam galeri foto, di urutan pertama dan kedua tampak Jamaluddin Jompa, Dekan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FKIP) Universitas Hasanuddin bersama tim Techno Park berdiskusi dengan para senior dan dosen Unhas mengenai rencana kegiatan pusat benih Techno Park Kab. Bantaeng. Selanjutnya. Ariany Rofaidah, Kasub Bidang Prasarana Wilayah (tengah) bersama tim Techno Park Kab. Bantaeng di kantor Bappeda Prov. Sulawesi Selatan, Makassar. Selanjutnya tim PPKDT bersama H. Iskandar (tengah), Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sulawesi Selatan. Kunjungan selanjutnya ke Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal) Maros bersama Kepala Balai Muhammad Taufiq Ratule. Tim juga bertemu Sugeng Raharjo, Kepala Balai pada Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Takalar. Tampak laboratorium basah Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Takalar, dengan kegiatan budidaya jenis rumput laut Lawi Lawi (Caulerpa sp) sebagai komoditas primadona masyarakat pesisir.  □ (LH/PPKDT)

Last modified on

Image Gallery

{gallery}456{/gallery}
391882
Hari iniHari ini121
KemarinKemarin128
Minggu iniMinggu ini215
Bulan iniBulan ini2555
Seluruh hariSeluruh hari391882
Statistik created: 2017-11-21T06:13:33+00:00