Gerbang Indah Nusantara

Switch to desktop Register Login

Error
  • JFolder: :files: Path is not a folder. Path: /home/u0557789/public_html/images/Galeri/foto/357
Notice
  • There was a problem rendering your image gallery. Please make sure that the folder you are using in the Simple Image Gallery Pro plugin tags exists and contains valid image files. The plugin could not locate the folder: images/Galeri/foto/357
Rate this item
(1 Vote)

Seminar Nasional UKM Inovatif Dalam Kerangka Kerjasama ASEAN Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Tahun 2015


Tantangan dan kesempatan UKM Indonesia dalam menghadapi ASEAN Economic Community (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dibahas dalam seminar nasional dengan tema “UKM Inovatif Dalam Kerangka Kerjasama ASEAN Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Tahun 2015” Selasa (28/10/14) di Binakarna Ballroom Hotel Bidakara Jakarta. Seminar yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ini menghadirkan 4 pembicara, yaitu Dr.Ir. Tatang Akhmad Taufik (Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi, BPPT), Dr. H. M. Iqbal Alamsjah, MA (Direktur Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Kemenparekraf), Prof. Dr. Ir. H. Musa Hubies, MS, Dipl. Ing DEA (Akademisi, IPB) dan Dr. Timbul Raharjo (Pengusaha UKM Asal Yogyakarta). Diberlakukannya masyarakat ekonomi ASEAN tahun 2015 mendatang diakui masih banyak masyarakat yang belum menyadari rencana penerapannya, Sementara itu daerah belum banyak merespon sehingga dikuatirkan akan kehilangan kesempatan.

ASEAN Economic Community yang dibentuk dengan misi menjadikan perekonomian di ASEAN menjadi lebih baik serta mampu bersaing dengan Negara-negara yang perekonomiannya lebih maju dibandingkan dengan kondisi Negara ASEAN saat ini. Selain itu juga dengan terwujudnya ASEAN Community yang dimana di dalamnya terdapat AEC, dapat menjadikan posisi ASEAN menjadi lebih strategis di kancah Internasional, kita mengharapkan dengan terwujudnya komunitas masyarakat ekonomi ASEAN ini dapat membuka mata semua pihak, sehingga terjadi suatu dialog antar sektor yang dimana nantinya juga saling melengkapi diantara para stakeholder sektor ekonomi di Negara negara ASEAN ini sangat penting.

MEA dipilih oleh negara-negara ASEAN untuk meningkatkan kemakmuran ekonomi rakyatnya secara bersama-sama, mengingat cara ini merupakan opsi yang paling efisien dibandingkan bila upaya peningkatan kemakmuran dilakukan secara unilateral. MEA dalam upaya peningkatkan kemakmuran ekonomi dilakukan melalui penguatan daya saing untuk memenangkan kompetisi global, melalui tahapan integrasi pasar domestik sebagai pasar tunggal dan integrasi basis produksi sehingga pada akhirnya mendorong peningkatan daya saing dalam menembus pasar global. Oleh sebab itu, pencapaian MEA dilakukan melalui empat tahapan strategis, meliputi : pencapaian pasar tunggal dan kesatuan basis produksi, kawasan ekonomi yang berdaya saing, pertumbuhan ekonomi yang merata dan terintegrasi dengan perekonomian global.

Tantangan Indonesia ke depan adalah mewujudkan perubahan yang berarti bagi kehidupan keseharian masyarakatnya. Semoga seluruh masyarakat Indonesia kita ini bisa membantu untuk mewujudkan kehidupan ekonomi dan sosial yang layak agar kita bisa segera mewujudkan masyarakat ekonomi ASEAN tahun 2015.

Peluang yang sudah terbuka ini, kalau tidak segera dimanfaatkan, kita akan tertinggal, karena proses ini juga diikuti gerak negara lain dan hal itu terus bergulir. Kita harus segera berbenah diri untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang kompetitif dan berkulitas global. Menuju tahun 2015 tidaklah lama, Sudah siapkah kita akan Tantangan dan peluang bagi kalangan profesional muda kita/mahasiswa untuk tidak terbengong-bengong menyaksikan lalu-lalang tenaga asing di wilayah kita. Apabila Indonesia tidak mendorong daya saing dan nilai tambah atas barang/produk yang diproduksi, maka Indonesia dapat kehilangan perannya di kawasan dan menjadi objek kemajuan pembangunan di kawasan tanpa memperoleh keutungan yang maksimal.

Jika Indonesia mampu mengantisipasi, pengaruh liberalisasi akan mengarah pada efisiensi pasar jasa. Dampaknya adalah pilihan bagi konsumen meningkat, produktivitas meningkat, serta persaingan yang lebih sehat di dorong. Pencapaian MEA dilakukan melalui empat tahapan strategis, meliputi : pencapaian pasar tunggal dan kesatuan basis produksi, kawasan ekonomi yang berdaya saing, pertumbuhan ekonomi yang merata dan terintegrasi dengan perekonomian global.

Program kebijakan penguatan daya saing telah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, antara lain penguatan UKM nasional. Hal tersebut penting untuk memfasilitasi UKM nasional yang berdaya saing tinggi, inovatif, dan kreatif, serta mampu melakukan perluasan pasar dari Komunitas Ekonomi ASEAN.

Di akhir acara seminar nasional ini digelar acara penganugrahan UKM Inovatif Award 2014 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dengan menyaring 250 UKM Inovatif yang ada di Indonesia. Dengan terpilihnya 10 besar yang undang dalam acara seminar dan menjadikan 3 pemenang yang diumumkan pada acara tersebut.

Berikut daftar pemenang 3 besar UKM Inovatif Award 2014 :

Juara 1 - PT Swen Inovasi Transfer (SWEN IT)

Produsen  peralatan  biogas  dari serat kaca (fiberglass)  yang beroperasi sejak tahun 2007. Dengan mengembangkan dan merancang peralatan-peralatan biogas berbahan fiberglass, PT. SWEN IT ikut berperan mendukung  program  pemerintah  dalam mengembangkan  sumber  energi  alternatif terbarukan, memperlambat  laju  pemanasan  global  dan  menghasilkan pupuk organik,  serta  stimulasi  dalam swasembada daging sapi.

Juara 2 - CV Citra Baru Busana

Produsen sepatu dan kaus kaki kulit khusus pria dewasa asal Bandung, Jawa Barat. Mendedikasikan dan mengabdikan kegiatannya untuk menghasilkan sepatu berkualitas yang sepenuhnya adalah buatan tangan pengerajin lokal. Dengan begitu, kegiatan usaha ini pun sering disebut sebagai “handicraft shoes” karena seluruh proses pembuatannya dilakukan melalui sentuhan tangan para pengrajin. Sedari awal perusahaan ini mengambil haluan untuk memanfaatkan Bamboo Fiber sebagai bahan pembuatan kaus kaki, sementara sepatu dibuat dengan teknik Goodyear Welt Construction. Ini menjadi kekhasan dan kenunikan produk-produk yang diproduksi perusahaan.

Juara 3 - PT Tata Karya Gemilang

Perusahaan yang berkembang sejak tahun 2006, mulai mengembangkan sayap bisnisnya ke bidang Cleaning Service, Gardening Service, Security Service, Rope Access Service dan Business Support Service. Sebagai perusahaan outsourcing, Gemilang selalu memberikan perhatian penuh terhadap output karyawan baik aspek soft dan hardskillnya. Seluruh karyawan Gemilang dipastikan telah memilili skill, attitude dan knowledge yang baik sesuai bidangnya. Dalam menjalankan kompetisi bisnis "Berbagi Masalah Bersama Kami" menjadi corporate culture yang kami percayai mampu membangun semangat kerja seluruh frontliner kami dalam mendemontrasikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

(idn-BIT)

 

Last modified on

Image Gallery

{gallery}357{/gallery}
391880
Hari iniHari ini119
KemarinKemarin128
Minggu iniMinggu ini213
Bulan iniBulan ini2553
Seluruh hariSeluruh hari391880
Statistik created: 2017-11-21T06:13:33+00:00